PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN GEREJA

Upaya Gereja Pentakosta dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kota Wamena

  • Mika Daddu Ngedi STT Arastamar Wamena
Kata Kunci: Kewirausahaan, Kemiskinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan praktik-praktik kewirausahaan gereja beraliran pentakostal dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Wamena. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran sekuensial eksplanatori yakni metode di mana peneliti terlebih dahulu melakukan penelitian kuantitatif, menganalisis hasil dan kemudian menyusun hasil untuk menerangkannya secara lebih terperinci dengan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah GPdI Elshaddai Wamena dan GPdI Elroi Wamena yang dipilih secara purposif yakni jemaat yang melakukan praktik kewirausahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui angket, observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif yakni melalui tabel distribusi frekuensi relatif, dan selanjutnya dideskripsikan secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 132 orang jemaat GPdi Elshaddai Wamena dan 156 orang jemaat GPdI Elroi Wamena telah melakukan praktik kewirausahaan dalam jemaat dengan baik. Praktik-praktik kewirausahan yang dilakukan oleh GPdi Elshaddai Wamena dan GPdI Elroi Wamena telah berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Wamena.

 

Diterbitkan
2019-06-27
##submission.howToCite##
Ngedi, M. D. (2019). PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN GEREJA. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 1(1), 19-37. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.8
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 78 times
PDF downloaded = 75 times