Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).

    The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).

  • File naskah dalam format dokumen Microsoft Word. (The submission file is in Microsoft Word file format).
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya. (Where available, URLs for the references have been provided).
  • Naskah diketik dengan teks 2 spasi; font Arial 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah. (The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end).
  • Pengetikan naskah dan sitasi mengikuti gaya selingkung yang disyaratkan dalam Panduan Penulis. (The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines).

Author Guidelines

JENIS ARTIKEL

Visio Dei bermaksud mempublikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah di bidang ilmu teologi Kristen, sebab itu jenis artikel yang dimuat adalah jenis artikel hasil penelitian (research article) atau yang disebut juga artikel asli (original article).

Artikel konseptual (review) dapat dimuat atas undangan Editor.

Dalam setiap terbitan, Visio Dei menyediakan ruang untuk 1 (satu) artikel obituari tokoh dan 1 (satu) artikel resensi buku terbaru (paling lama terbit 1-3 tahun sebelumnya) di bidang teologi Kristen yang sesuai dengan scope Visio Dei.

SUBSTANSI ARTIKEL

  • Orisinal
  • Bermanfaat bagi kemajuan ilmu teologi Kristen
  • Dapat memicu dilakukannya penelitian-penelitian atau pengembangan pemikiran lanjutan
  • Lebih banyak mengacu pada pustaka acuan primer yaitu artikel di jurnal ilmiah, prosiding, disertasi, tesis, monograf, buku dan lain-lain yang merupakan hasil penelitian langsung. Dari semua acuan ini, porsi acuan pada jurnal ilmiah sebesar 80%.
  • Pustaka acuan yang digunakan adalah terbitan 10 tahun terakhir
  • Memiliki ketajaman analisis dan sintesis yang kritis
  • Simpulan  terpumpun pada temuan baru yang dituangkan secara akurat dan mendalam

CARA MEMBUAT KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA

Pencantuman pustaka sumber rujukan menggunakan APA  (American Psychological Association) Style 6th edition pada Mendeley Referensi sebagai standar penulisan Jurnal Visio Dei.

Penulis wajib menggunakan aplikasi dan tidak menulisnya secara manual.

GAYA SELINGKUNG PENULISAN ARTIKEL

Penulisan artikel Visio Dei wajib menggunakan format yang sudah sebagai berikut:

Format Kertas dan Jumlah Halaman

Artikel ditulis dengan format 1 kolom, menggunakan huruf Arial, ukuran 12, spasi 2 di kertas A4, dengan margin kiri 4cm, kanan 3cm, atas 4cm, dan bawah 3cm dengan jumlah halaman ±20 halaman. Kalimat pertama menjorok ke dalam 1,27cm.

Judul

Judul dalam bahasa Indonesia, dirumuskan dengan singkat dan jelas, tidak lebih dari 40 karakter, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 14, bold, 1 spasi, margin tengah, huruf kapital dan kurang dari 12 kata.

Nama dan Lembaga Penulis

Nama penulis semua tanpa gelar, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 12 pts, bold, margin tengah. Nama lembaga pada baris kedua sesuai urutan lembaga penulis, ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10, margin tengah.  Alamat email penulis pada baris ketiga. Jika ada penulis kedua dan seterusnya, penulisan identitas sama dengan penulis pertama.

Abstrak

Naskah Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan huruf Arial, ukuran 10, 1 spasi. Panjang abstrak maksimum dari 250 kata. Abstrak berisi tujuan penelitian, metode, populasi, sampel, instrumen, dan hasil. Untuk abstrak dalam bahasa inggris ditulis italic.

Kata Kunci

Kata kunci ditulis dengan huruf Arial, ukuran 10 pts, dibawah naskah abstrak. Tulisan “kata kunci” ditulis bold.

Pendahuluan

Bagian Pendahuluan tidak diberi judul, langsung ditulis setelah kata kunci berbahasa Indonesia. Isinya latar belakang permasalahan yang didukung oleh konsep, teori dan hasil-hasil penelitian dari sumber-sumber pustaka yang relevan dan mutakhir. Di akhir pendahuluan disebutkan tujuan penulisan artikel atau penelitian secara jelas.

Metode (Level II)

Metode berisi jenis metode atau jenis pendekatan yang digunakan, uraian data kualitatif dan/atau kuantitatif, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data.

Hasil (Level II)

Hasil berisi jawaban dari permasalahan penelitian secara kuantitatif dan/atau kualitatif secara jelas, tepat dan lengkap yang dapat menggu-nakan informasi dalam bentuk gambar/grafik/tabel/uraian secara aktual.

Pembahasan (Level II)

Pembahasan berisi ringkasan hasil penelitiannya, keterkaitan dengan konsep atau teori dan hasil penelitian lain yang relevan, interpretasi temuan, keterbatasan penelitian, serta  implikasinya terhadap perkembangan konsep atau keilmuan.

Kesimpulan (Level II)

Kesimpulan berisi rangkuman jawaban atas permasalahan penelitian yang merupakan sumbangan terhadap perkembangan keilmuan.

Daftar Pustaka (Level II)

Daftar pustaka berisi rujukan yang digunakan hanya dalam penulisan artikel ini. Gunakan Mendeley Referensi sebagai standar penulisan Jurnal Visio Dei yang mengunakan APA  (American Psychological Association) Style 6th edition.

Untuk panduan lebih lengkap silakan unduh: PANDUAN PENULIS

Gunakan TEMPLATE ARTIKEL yang disiapkan oleh Editor.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.