Model Mentoring Yesus dalam Injil Markus untuk Kepemimpinan Berkelanjutan di Gereja Lokal
Abstrak
Kepemimpinan yang berkelanjutan merupakan tantangan nyata bagi sebagian besar gereja lokal di tengah pesatnya perubahan sosial dan teknologi. Salah satu pokok masalah yang diteliti dalam studi ini ialah kurangnya strategi mentoring yang terstruktur dalam pembinaan calon pemimpin rohani, sehingga berdampak pada stagnasi estafet kepemimpinan gereja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model mentoring kepemimpinan berdasarkan pola pemuridan Yesus Kristus dalam Injil Markus untuk menjawab kebutuhan gereja lokal masa kini. Metode yang digunakan ialah pendekatan Research and Development (R&D) dengan analisis eksegesis teks Alkitab dari Markus 1:16–20; 3:13–19; 6:7–13; dan 16:15–18. Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah teks Alkitab sebagai sumber primer, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode eksegesis guna mengidentifikasi pola mentoring yang dijalankan Yesus Kristus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pola mentoring Yesus terdiri dari empat tahap: panggilan ilahi, pembekalan karakter, pelibatan pelayanan, dan pengutusan untuk misi global. Kesimpulannya, pola ini dapat dijadikan model LEAD (Locate, Empower, Act, Deploy) yang relevan dan aplikatif bagi gereja lokal dalam membentuk pemimpin yang matang secara rohani, siap melayani, dan mampu mereplikasi pola pemuridan bagi generasi selanjutnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72. https://www.aijcrnet.com/journal/index/969
Anderson, T. L., & Skinner, S. A. (2019). Feelings: Discipleship that Understands the Affective Processes of a Disciple of Christ. Christian Education Journal: Research on Educational Ministry, 16(1), 66–78. https://doi.org/10.1177/0739891318820333
Bailey, R. D. (2022). Small Group Participant Perceptions of Discipleship Development in Multisite Churches: a Mixed Methods Study. Liberty University.
Bannor, F. O. (2024). Exploring the Role of Transformational Leadership on Church Leaders’ Success in South West Liberia Region: An appreciative Inquiry. ISSRA Journal of Education, Linguistics and Literature, 4(6), 1–10. https://doi.org/10.5281/zenodo.1068076543
Baskoro, P. K., Yunita Dewi, E., & Arifianto, Y. A. (2022). Peran Pemuridan bagi Kebangkitan Pemimpin Rohani Baru dalam Gereja Masa Kini. THEOLOGIA INSANI (Jurnal Theologia, Pendidikan, dan Misiologia Integratif), 1(1), 49–66. https://doi.org/10.58700/theologiainsani.v1i1.9
Borrong, R. P. (2019). Kepemimpinan Dalam Gereja Sebagai Pelayanan. Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.36972/jvow.v2i2.29
Botross, P. (2024). Equipping Disciplers (Part 1): A Pedagogical Framework for Equipping the Whole Person. Christian Education Journal Research on Educational Ministry, 21(3), 290–309. https://doi.org/10.1177/07398913241302103
Budiatmaja, R., Lamsir, S., & Jonathans, R. (2022). Kepemimpinan Pelayan Gereja yang Sesuai dengan Kepemimpinan Gembala Seperti Kepemimpinan Yesus. Integritas: Jurnal Teologi, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.47628/ijt.v4i2.133
Carter, S. (2024). Equipping Spiritually Mature Men to Mentor the Next Generation of Leaders. Liberty University.
Clinton, J. R. (2012). The Making of a Leader: Recognizing the Lessons and Stages of Leadership Development. NavPress.
Delvryance, A., Seldjatem, C., & Sunardi, P. (2024). Kepemimpinan Pelayanan Yesus Kristus Sebagai Model Bagi Pendidik Kristen dalam Mewujudkan Keharmonisan Sosial pada Tahun 2045. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 2(4), 198–208. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i4.765
Faraoanu, I. (2015). The Call and Mission of the Disciple in the Gospel According to Mark. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 60, 67–76. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilshs.60.67
Freeks, F. E., & Lotter, G. A. (2014). Possible ‘mentoring’ and discipleship in the New Testament – a propositio. Journal for Christian Scholarship, 50(3), 191–212. https://hdl.handle.net/10520/EJC165878
Harefa, H. A. (2025). Ketika Pelayanan Menjadi Rutinitas: Menyelami Kebosanan Mahasiswa Teologi dalam Menghadapi Tantang Spiritual. LOKO KADA: Jurnal Teologi Kontekstual & Oikumenis, 2(1), 29–41. https://doi.org/10.70418/4xen4b29
Jeong, E. (2024). Exploring the Meaning of Church Lifelong Education Participation Experience through Coaching of Middle-Aged female lay Ministers. Journal of Christian Education in Korea, 3(30), 29–46. https://doi.org/10.17968/jcek.2024..77.002
Johnson, B. M. (2023). Church Leadership in a Digital Age: Cultivating Community and Spiritual Growth Online. Virginia Theological Seminary.
Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.
Löfstedt, T. (2023). Why Did Jesus’ Disciples Fail to Cast Out the Deaf and Mute Spirit? (Mark 9:14–29). Svensk Exegetisk Årsbok, 88(1), 153–174. https://doi.org/10.58546/se.v88i1.12238
Markes, K. D. (2021). Suksesi Kepemimpinan Musa Kepada Yosua Sebagai Model Regenerasi Kepemimpinan Kristen Masa Kini. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 214–236. https://doi.org/10.46558/bonafide.v2i2.80
Miller, M. B. (2023). Mentoring Spiritual Leaders: Discerning Effective Practices. Asbury Theological Seminary.
Niemandt, C. J. P. (2010). Five Years of Missional Church: Reflections on Missional Ecclesiology. Missionalia: Southern African Journal of Missiology, 38(3), 397–412.
Peterson, R. L. (2019). Exploring the Influence of Spirituality in the Initial Development of Authentic Leadership Identity. Pepperdine University.
Pettigrew, A. (2021). Christian Leadership and the Great Commission: Foundations for Building Christian Leaders. The Journal of Applied Christian Leadership, 15(1), 112–128.
Prihanto, A. (2018). Peran Proses Mentoring Pemimpin Kaum Muda Bagi Perkembangan Pelayanan Pemuda Di Gereja. Jurnal Jaffray, 16(2), 175–196. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.258
Ream, T. C., Pattengale, J., & Devers, C. J. (2023). Mentoring Matters: Theological Explorations of Generational Transition and the Academic Vocation. Christian Higher Education, 22(5), 310–312. https://doi.org/10.1080/15363759.2023.2280801
Son, J. Y. (2023). Following the Mentorship Model of Jesus: The Role of Storytelling. Christian Higher Education, 22(5), 336–344. https://doi.org/10.1080/15363759.2023.2279729
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Tasik, L. R., Tande, A., Mastuti, V., & Samana, S. (2024). Kepemimpinan Yosua dalam Pelayanan: Strategi Inspiratif dan Pembelajaran Praktis Bagi Pemimpin Gereja Masa Kini. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i1.158
Waruwu, A. T. M. (2024). Membimbing Generasi Muda: Mentoring dalam Kepemimpinan Kristen. TRACK: Jurnal Kepemimpinan Kristen, Teologi, dan Entrepreneurship, 3(2), 31–49. https://doi.org/10.61660/track.v3i2.185
Watkins, M. L. (2023). Training Faithful Disciples to Meet the Challenges of the Church in the World: Applying Bonhoeffer’s Seminary Vision to Hybrid Education. The Asbury Journal, 78(2), 319–335. https://doi.org/10.7252/Journal.02.2023F.05
Widiyanto, M. A., & Parapat, Y. (2021). Suksesi Kepemimpinan Pentakostal di Era Disruptif. Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 7(1), 29–41. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.164
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.