EVOLUSI METODE PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Menyeimbangkan Tradisi Iman dan Teknologi Masa Depan
Abstrak
Paper ini mengkaji evolusi metode pengajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam konteks era digital yang ditandai oleh perkembangan teknologi. Fokus penelitian adalah menyeimbangkan antara pelestarian tradisi iman Kristiani dengan adopsi teknologi masa depan. Penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan tematik digunakan untuk menganalisis secara kritis tantangan dan peluang yang muncul dalam integrasi teknologi ke dalam pendidikan agama. Teknologi, seperti pembelajaran daring dan kecerdasan buatan (AI), menawarkan potensi besar untuk memperkaya proses pembelajaran PAK, namun juga memunculkan tantangan etis dan teologis. Artikel ini mengidentifikasi strategi inovatif yang mampu mengharmonisasikan pendekatan pedagogis tradisional dengan inovasi teknologi tanpa mengurangi kedalaman spiritual dan nilai-nilai teologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi dalam PAK harus mempertimbangkan keseimbangan antara aspek praktis dan esensi iman, guna memastikan relevansi pembelajaran bagi generasi digital, sekaligus mempertahankan integritas ajaran kristiani. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan model pendidikan yang holistik dan transformatif di era modern
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abun, D., & Magallanes, T. (2018). Choosing Proper Relationship Between Teacher and Students: Interpersonal, Contractual and Pedagogical Relationship. International Journal of Advance Research in Education & Literature, 4(10), 1–10. https://doi.org/10.53555/nnel.v4i10.571
Ariawan, S. (2024). Green digitalisasi sebagai perwujudan mandat budaya : Perspektif etika Kristen dalam pelestarian lingkungan. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 10(1), 275–287. https://doi.org/10.30995/kur.v10i1.954
Benyamin, P. I., Sinaga, U. P., & Gracia, F. Y. (2021). Penggunaan Platform Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi. Jurnal Regula Fidei, 6(1), 60–68. https://doi.org/10.33541/rfidei.v6i1.85
Betakore, Y., Wulansari, E., & Boiliu, F. (2022). Student Spirituality Formation Through Christian Religious Education. Proceedings of the 6th Batusangkar International Conference, BIC 2021. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2021.2319606
Bilo, D. T. (2020). Korelasi Landasan Teologis dan Filosofis dalam Pengembangan Prinsip dan Praksis Pendidikan Agama Kristen. Phronesis Jurnal Teologi dan Misi, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46
Chen, C. (2020). Deep Integration of Mixed Teaching and Interactive Media Under Information Technology. In Application of Intelligent Systems in Multi-modal Information Analytics (Vol. 123, hal. 541–546). https://doi.org/10.1007/978-3-030-51431-0_79
Coe, J. (2014). The Controversy over Contemplation and Contemplative Prayer: A Historical, Theological, and Biblical Resolution. Journal of Spiritual Formation and Soul Care, 7(1), 140–153. https://doi.org/10.1177/193979091400700112
Díaz, I. (2021). Considering the Efficacy of Digital Technology as a Means of Evangelization in Christian Religious Education. Religious Education, 116(1), 3–15. https://doi.org/10.1080/00344087.2021.1872001
Eustace, T. M. (2017). A Review of “Teaching Biblical Faith: Leading Small Group Bible Studies.” Religious Education, 112(2), 188–189. https://doi.org/10.1080/00344087.2016.1224009
Gaol, R. L., Irawati, W., & Sukri, U. (2024). Guru Sebagai Pembimbing Siswa Dalam Membentuk Karakter Siswa Berlandaskan Filsafat Pendidikan Kristen. Inculco Journal of Christian Education, 4(2), 158–170. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i2.192
Garcia, F. (2023). Theological Reflection in Adolescent Faith Formation: Sociological, Psychological, and Theological Perspectives. Journal of Youth and Theology, 22(2), 303–319. https://doi.org/10.1163/24055093-bja10048
Gulo, R. P., & Salurante, T. (2023). Revitalisasi Pendidikan Kristen di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5:15-16. TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 145–157. https://doi.org/10.53674/teleios.v3i2.74
Gulo, R. P., & Tapilaha, S. R. (2024). Reforming Christian Religious Education: Integrating Spirituality and Critical Reasoning in the Digital Era. Didaché: Journal of Christian Education, 5(2), 105–123. https://doi.org/10.46445/djce.v5i2.823
Gurning, L., & Windarti, M. T. (2023). Christian Religious Education, Testimony, and Technology: A Holistic Approach to Christian Education. Kadesi: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 5(2), 99–108. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.69
Herlim, L. D. (2023). Praktik Metaverse dalam Pendidikan Agama Kristen. Manthano: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 94–106. https://doi.org/10.55967/manthano.v2i2.36
Irina, K., & Maksimochkina, O. (2023). An Interactive Approach to Teaching Students of the Digital Generation. Standards and Monitoring In Education, 11(4), 22–27. https://doi.org/10.12737/1998-1740-2023-11-4-22-27
Jonatan, J., & Waruwu, A. T. M. (2023). Peran Teknologi Digital dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen di Era Digital. Anthor: Education and Learning Journal, 2(6), 805–811. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.233
Kainara, S. D., Widiono, G., Zai, L. S., & Marampa, E. R. (2023). Kreativitas Menggunakan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(2), 130–138. https://doi.org/10.52220/sikip.v4i2.154
Karlau, S. A., & Rukua, I. S. (2023). Menyemai Ilmu dan Kompetensi Pedagogik 4.0 oleh Guru Pendidikan Agama Kristen. Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46408/vxd.v4i1.240
Marpaung, A. M., & Hwang, B. J. (2023). Theology of Christian education on leading toward spiritual transformation in the frame of religious moderation in digital society context. KURIOS :Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 9(2), 32–440. https://doi.org/10.30995/kur.v9i2.746
Mendrofa, E., & Hapsarini, D. R. (2023). Rancang Bangun Pendidikan Kristiani di Era Digital: Sebuah Usaha Menjadikan Pendidikan Kristen Relevan di Era Digital. EDULEAD, 4(2), 196–207. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i2.158
Nababan, D. A., Patty, J., Sopacua, S. B., & Sianipar, D. (2024). Strategi Manajemen Kelas Pendidikan Agama Kristen Yang Kolaboratif dan Berbasis Literasi Digital. Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8(1), 85–104. https://doi.org/10.33541/shanan.v8i1.5559
Napitupulu, A., & Gulo, R. P. (2024). Artificial Intelligence dan Transformasi Pendidikan Kristen : Integrasi Teknologi Cerdas ke dalam Pembelajaran. MEFORAS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 63–75.
Ndruru, B., & Lawalata, M. (2023). Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik. Jurnal Teologi Cultivation, 7(1), 152–169.
Pantan, F. (2023). Chatgpt dan Artificial Intelligence: Kekacauan atau Kebangunan bagi Pendidikan Agama Kristen di Era Postmodern. Diegesis : Jurnal Teologi, 8(1), 108–120.
Paparang, S. R. (2021). Paradigma Baru Memahami Teologi dan Pendidikan Kristen Korelasi Teks Kolose 3:2 dengan Era Disrupsi. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 3(2), 218–231. https://doi.org/10.47457/phr.v3i2.117
Park, J. S. (2016). Christian Education Curriculum for the Digital Generation: A Case Study of Second-Generation Korean Australian Youth. Wipf and Stock Publishers.
Pontoan, J., & Kamagi, K. S. (2023). Pengalaman Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Menggunakan Teknologi Pembelajaran Quizizz. Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(1), 191–204. https://doi.org/10.33541/shanan.v7i1.4556
Rangga, O., Bilo, D. T., & Yuliana, D. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen : Memperbaharui Pikiran untuk Meningkatkan Spiritualitas di Roma 12 : 2. Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 5(2), 127–140. https://doi.org/10.55076/didache.v5i2.164
Rantung, D. A., & Boiliu, F. M. (2020). Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang Antisipatif di Era Revolusi Industri 4.0. Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 93–107. https://doi.org/10.33541/shanan.v4i1.1770
Rungkat, N. J., Boiliu, N. I., Rantung, D. A., & Rondo, P. E. (2022). Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Teknologi Pendidikan. Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan), 11(2), 279–297. https://doi.org/10.51828/td.v11i2.157
Rusyada, H., & Nasir, M. (2020). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2275
Sianipar, D. (Ed.). (2024). Inovasi Pendidikan Agama Kristen di Era Artificial Intelligence. CV Widina Media Utama.
Tefbana, A., Betakore, Y., & Boiliu, F. M. (2022). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1976
Tenny, T., & Alex Arifianto, Y. (2021). Aktualisasi Misi dan Pemuridan Guru PAK dalam Era Disrupsi. Jurnal Didaché, 2(1), 41–57. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.365
Tuharea, J., Yanuarsyah, I., Nitin, M., R, M. R., Jie, L., & Jixiong, C. (2023). Utilizing Multimedia Technology in Digital Learning Content Development. Journal International Inspire Education Technology, 2(2), 53–64. https://doi.org/10.55849/jiiet.v2i2.454
Walean, R. R., Messakh, J. J., Siagian, L. E., Harefa, F., & Harefa, K. (2024). Peran Pendidikan Agama Kristen bagi Remaja dalam Menghadapi Tantangan Zaman di Era Digital. Regula Fidei, 9(1), 68–80. https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i1.201
Waruwu, E. W., & Lawalata, M. (2024). Membangun Masyarakat Digital yang Beretika: Mengintegrasikan Nilai-nilai Kristen di Era Teknologi Digital 5.0. Jurnal Didaché, 5(1), 22–46. https://doi.org/10.46445/djce.v5i1.747
Zebua, S. I. P., Giban, Y., & Karlau, S. A. (2024). Instruksi Pendidikan Agama Kristen dalam Mengembangkan Karakter dan Nilai-Nilai Spiritual dalam Era Digital 5.0. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 5(1), 23–35. https://doi.org/10.47530/edulead.v5i1.207
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.