Kajian Teologis Terhadap Otoritas Ibu dalam Peran Membentuk Karakter Anak pada Keluarga Batak

Kata Kunci: otoritas ibu, peran ibu, karakter unggul, Batak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan melakukan kajian dari perspektif teologi Kristen terhadap konsep budaya Batak tentang otoritas perempuan sebagai Ibu dalam pembentukan karakter unggul dalam keluarga Batak. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di Pematangsiantar pada bulan Nopember-Desember 2022 dengan empat orang informan. Dua di antaranya adalah tokoh perempuan Batak di lingkungan gereja dan sekolah teologi, dua lainnya adalah pemuda dari keluarga Batak. Dari penelitian ini ditemukan adanya tiga peran ibu yang memiliki otoritas dalam pembentukan karakter unggul pada anak. Ketiga peran tersebut adalah sipartangiang (pendoa), mendidik anak-anak untuk rajin berdoa, parsonduk bolon (menyiapkan kebutuhan makanan), mendidik anak-anak untuk memikul tanggung jawab terhadap kehidupan bersama, Ina Soripada (Ibu yang terhormat), mendidik anak-anak untuk sopan, jujur, dan berintegritas. Melalui ketiga peran ini, nampak bahwa ibu Batak memiliki otoritas untuk menjalankan pendidikan karakter unggul bagi anak-anak. Terbukti bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga dengan ibu yang demikian memiliki karakter unggul yang berbeda-beda dari teman-teman sebayanya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Bosco, F. H., Majir, A., & Bandur, A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 41–46. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/article/view/977

Dictionary, C. (n.d.). Meaning of Authority in English. Cambridge Dictionary. Diambil 17 Desember 2022, dari https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/authority

Firmando, H. B. (2021). Status Dan Peranan Perempuan Setelah Berumah Tangga Dalam Masyarakat Batak Toba Di Tapanuli Utara (Analisis Sosiologis). Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1), 23–38. https://doi.org/10.30596/JISP.V2I1.4916

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/JPDK.V2I1.654

Hartono, H. (2018). Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen. Kurios, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.22

Hendra, V. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Kasih dan Disiplin Kepada Anak Usia 2-6 Tahun Sebagai Upaya Pembentukkan Karakter. Kurios, 3(1), 48–65. https://doi.org/10.30995/kur.v3i1.29

Kartini, A., & Maulana, A. (2019). Redefinisi Gender Dan Seks. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 12(2), 217–239. https://doi.org/10.35719/ANNISA.V12I2.18

Lantaeda, S. B., Lengkong, F. D., & Ruru, J. (2017). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohon. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 4(48), 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/17575

Manurung, S., & Manurung, P. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Batak Toba di Kabupaten Samosir. Perdana Publishing.

Mudak, S. (2017). Makna Doa Bagi Orang Percaya. Missio Ecclesiae, 6(1), 97–111. https://doi.org/10.52157/ME.V6I1.70

Setiawan, D. E. (2019). Kelahiran Baru Di Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.46445/EJTI.V3I2.135

Siagian, R. J. (2018). Sahala Bagi Pemimpin: Dulu dan Kini (4 ed.). Lembaga Bina Warga HKBP dan STT- HKBP dan Sekolah Pendeta HKBP.

Siagian, R. J. (2019). Sahala Kepemimpinan Perempuan Dalam Konteks Masyarakat Batak dan Alkitab. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 122–140. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.13

Sidi, P. (2014). Krisis Karakter Dalam Perspektif Teori Struktural Fungsional. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2619

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tyas, E. H. (2016). Pendidikan Karakter Dan Pendidik Yang Berkarakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 43–51. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/333

Wicaksono, M. A. (2017). Ibuisme Masa Kini: Suatu Etnografi tentang Posyandu dan Ibu Rumah Tangga. Umbara, 1(2), 125–137. https://doi.org/10.24198/UMBARA.V1I2.9921

Zuhriyah, L. (2018). Perempuan, Pendidikan dan Arsitek Peradaban Bangsa. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(249–268). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.249-268

Diterbitkan
2022-12-18
##submission.howToCite##
Siagian, R. J., & Siburian, E. (2022). Kajian Teologis Terhadap Otoritas Ibu dalam Peran Membentuk Karakter Anak pada Keluarga Batak. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 4(2), 177-194. https://doi.org/10.35909/visiodei.v4i2.341
Bagian
Artikel