Pendidikan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Program Studi Teologi STT Star’s Lub Untuk Kemandirian Finansial Gereja
Abstrak
Program Studi (Prodi) Teologi Sekolah Tinggi Teologi (STT) Star’s Lub telah menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswanya. Salah satu tujuannya adalah membekali mahasiswa kemampuan untuk mengembangkan kewirausahaan gereja bila kelak menjadi pendeta. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana pendidikan kewirausahaan tersebut mampu membekali mahasiswa kemampuan untuk mengembangkan kemandirian finansial gereja sebagai bagian dari kewirausahaan gereja. Penelitian dilakukan dua tahap dengan menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Tahap pertama meneliti kemampuan kewirusahaan 12 mahasiswa semester akhir yang telah selesai mengikuti pendidikan kewirausahaan dengan fokus pada pengetahuan, keterampilan, dan karakter kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Tahap kedua menggunakan metode kualitatif dengan meneliti program pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan Prodi Teologi. Informan yang dilibatkan adalah Ketua STT Star’s Lub, Wakil Ketua Bidang Akademik STT Star’s Lub, dan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa semester akhir STT Star’s Lub belum memiliki kemampuan yang memadai untuk kelak mengembangkan kemandirian finansial gereja. Hal tersebut disebabkan pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan juga masih terbatas dari segi kurikulum, strategi pembelajaran, dosen pengampu mata kuliah, dan atmosfer kewirausahaan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ganefri, & Hidayat, H. (2017). Perspektif Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi. Kencana.
Imeldawati, T. (2019). Manajemen Perguruan Tinggi Teologi. KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 61–74. http://www.sttiimedan.ac.id/e-journal/index.php/kerugma/article/view/6
Kasih, Y. (2013). Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 2(2), 164–182.
KKBI Online. (n.d.). Arti Kata Finansial. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil 5 November 2021, dari https://kbbi.web.id/finansial
Ngaji, P., & Laukapitang, Y. D. (2021). Korelasi Praktik Entrepreneurship Terhadap Kemandirian Gereja IFGF di Flores Jemaat Maumere . Repository STT Jaffray, 3(1). https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/110
Pasande, P., & Tari, E. (2019). PERAN GEREJA DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 38–58.
PGI. (2020). Dokumen Keesaan Gereja Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (DKG-PGI) 2019-2024. BPK Gunung Mulia.
Qomariyah, D. N. (2019). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KEMANDIRIAN DALAM HOME INDUSTRI KRUPUK DI LINGKUNGAN KARANGMLUWO MANGLI JEMBER. An-Nisa’: Jurnal Kajian Islam & Gender, 11(2), 158. https://doi.org/10.35719/ANSA.V11I2.779
Rifa’i, A., & Nugraha, T. E. (2019). Rencana Strategi Dalam Menerapkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. (Studi Kasus Pada Universitas Banten Jaya Kota Serang-Banten). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 71–90. https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/1231
Sihar, O. I. J. L. (2013). Penatalayan dan Kemandirian Gereja (Suatu studi tentang peranan penatalayanan gereja di dalam usaha pencapaian kemandirian gereja dalam bidang dana di GPIB Kasih Karunia Medan) [Program Studi Teologi FTEO-UKSW]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/6879
Simanjuntak, W. C. (2015). Kepemimpinan Pendeta dalam Pelayanan GPIB Jemaat Siloam Kerayan - Kalimantan Timur dari Prespektif Kepemimpinan Transformasional [Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/9921
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilaningsih. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748
Tilaar, H. A. R. (2012). Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Kompas. https://komunita.widyatama.ac.id/pengembangan-kreativitas-dan-entrepreneurship-dalam-pendidikan-nasional/
Wiratno, S. (2012). The implemtation of enterpreneurship education in the higher education. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 453–466.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Pengguna bebas menyalin, mengubah, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan apa pun yang sah dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen sebagai penerbitnya, menautkan ke lisensi, menunjukkan jika ada perubahan, dan mendistribusikan kembali karya turunan apa pun di bawah lisensi yang sama.
Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen untuk mempublikasikan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk untuk menjualnya kepada perpustakaan dan individu.
Dengan menerbitkan artikel di Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.