Pendidikan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Program Studi Teologi STT Star’s Lub Untuk Kemandirian Finansial Gereja

  • Mona Lintong Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub
  • Ermin Alperiana Mosooli Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub https://orcid.org/
  • Leo Mardani Ruindungan Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub
  • Lefran Sekolah Tinggi Teologi Star's Lub
Kata Kunci: pendidikan kewirausahaan, mahasiswa teologi, kemandirian finansial gereja

Abstrak

Program Studi (Prodi) Teologi Sekolah Tinggi Teologi (STT) Star’s Lub telah menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswanya. Salah satu tujuannya adalah membekali mahasiswa kemampuan untuk mengembangkan kewirausahaan gereja bila kelak menjadi pendeta. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana pendidikan kewirausahaan tersebut mampu membekali mahasiswa kemampuan untuk mengembangkan kemandirian finansial gereja sebagai bagian dari kewirausahaan gereja. Penelitian dilakukan dua tahap dengan menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Tahap pertama meneliti kemampuan kewirusahaan 12 mahasiswa semester akhir yang telah selesai mengikuti pendidikan kewirausahaan dengan fokus pada pengetahuan, keterampilan, dan karakter kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Tahap kedua menggunakan metode kualitatif dengan meneliti program pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan Prodi Teologi. Informan yang dilibatkan adalah Ketua STT Star’s Lub, Wakil Ketua Bidang Akademik STT Star’s Lub, dan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa semester akhir STT Star’s Lub belum memiliki kemampuan yang memadai untuk kelak mengembangkan kemandirian finansial gereja. Hal tersebut disebabkan pendidikan kewirausahaan yang diselenggarakan juga masih terbatas dari segi kurikulum, strategi pembelajaran, dosen pengampu mata kuliah, dan atmosfer kewirausahaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ganefri, & Hidayat, H. (2017). Perspektif Pedagogi Entrepreneurship di Pendidikan Tinggi. Kencana.

Imeldawati, T. (2019). Manajemen Perguruan Tinggi Teologi. KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 61–74. http://www.sttiimedan.ac.id/e-journal/index.php/kerugma/article/view/6

Kasih, Y. (2013). Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP, 2(2), 164–182.

KKBI Online. (n.d.). Arti Kata Finansial. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil 5 November 2021, dari https://kbbi.web.id/finansial

Ngaji, P., & Laukapitang, Y. D. (2021). Korelasi Praktik Entrepreneurship Terhadap Kemandirian Gereja IFGF di Flores Jemaat Maumere . Repository STT Jaffray, 3(1). https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/110

Pasande, P., & Tari, E. (2019). PERAN GEREJA DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI ERA DIGITAL. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 38–58.

PGI. (2020). Dokumen Keesaan Gereja Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (DKG-PGI) 2019-2024. BPK Gunung Mulia.

Qomariyah, D. N. (2019). PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KEMANDIRIAN DALAM HOME INDUSTRI KRUPUK DI LINGKUNGAN KARANGMLUWO MANGLI JEMBER. An-Nisa’: Jurnal Kajian Islam & Gender, 11(2), 158. https://doi.org/10.35719/ANSA.V11I2.779

Rifa’i, A., & Nugraha, T. E. (2019). Rencana Strategi Dalam Menerapkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan. (Studi Kasus Pada Universitas Banten Jaya Kota Serang-Banten). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 71–90. https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/1231

Sihar, O. I. J. L. (2013). Penatalayan dan Kemandirian Gereja (Suatu studi tentang peranan penatalayanan gereja di dalam usaha pencapaian kemandirian gereja dalam bidang dana di GPIB Kasih Karunia Medan) [Program Studi Teologi FTEO-UKSW]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/6879

Simanjuntak, W. C. (2015). Kepemimpinan Pendeta dalam Pelayanan GPIB Jemaat Siloam Kerayan - Kalimantan Timur dari Prespektif Kepemimpinan Transformasional [Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/9921

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilaningsih. (2015). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi? Jurnal Economia, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/economia.v11i1.7748

Tilaar, H. A. R. (2012). Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Kompas. https://komunita.widyatama.ac.id/pengembangan-kreativitas-dan-entrepreneurship-dalam-pendidikan-nasional/

Wiratno, S. (2012). The implemtation of enterpreneurship education in the higher education. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 453–466.

Diterbitkan
2021-12-08
##submission.howToCite##
Lintong, M., Mosooli, E. A., Ruindungan, L. M., & Lefran, L. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Program Studi Teologi STT Star’s Lub Untuk Kemandirian Finansial Gereja. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 3(2), 217-237. https://doi.org/10.35909/visiodei.v3i2.240
Bagian
Artikel