PAULUS SANG ENTREPRENEUR

Pembuat Tenda Sebagai Jembatan Penginjilan

  • Junior Natan Silalahi STT Hagiasmos Mision Jakarta
Kata Kunci: Paulus, Entrepeneur, Penginjilan

Abstrak

Artikel ini ingin mengkaji tentang kemandirian Paulus sebagai Pemberita Injil yang hidup sebagai seorang entrepreneur. Rasul Paulus sebagai rasul bagi orang-orang non-Yahudi memiliki keahlian khusus dalam membuat tenda – dijadikan sebagai penopang pendanaan – sehingga dapat membantu dalam kelangsungan pemberitaan Injil. Ia tidak ingin memberatkan jemaat yang ia layani dalam hal pendanaan pemberitaan Injil. Keahlian yang ia miliki digunakan semaksimal mungkin untuk menopangnya dalam pelayanan. Sebagai rasul, ia tidak malu untuk berterus terang akan apa yang sedang kerjakan yaitu sebagai pembuat tenda. Tujuan utamanya adalah keahlian membuat tenda dipakainya sebagai jembatan untuk pemberitaan Injil. Dengan demikian setidaknya ada dua hal penting yang didapatkan dari topik ini yaitu: pertama, kemandirian dana sebagai penginjil, dan kedua, keahlian sebagai jembatan penginjilan. Metode penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan pendekatan teologis. Di dalam artikel ini, penulis memaparkan tentang Paulus sebagai seorang entrepreneur, dan entrepreneur sebagai jembatan penginjilan. Temuan dalam penelitian ini adalah pemberita Injil penting untuk meneladani Paulus yang menjadikan keahliannya sebagai penopang pelayanan, sehingga tidak menjadi beban bagi jemaat yang dilayani. Dari sini, Gereja perlu belajar menerima kenyataan bahwa ada pendeta (pelayan) yang hidup sebagai seorang entrepreneur.

Referensi

Bosch, D. J. . (2009). Transformasi Misi Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Bruce, F. (2013). Tafsiran Alkitab Masa Kini 3. Jakarta: YKBK/OMF.

Drane, J. (2016). Memahami Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

End, T. Van den. (2003). Harta dalam Bejana: sejarah gereja ringkas. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Jacob, T. (1995). Paulus: Hidup, Karya dan Teologinya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

KBBI. (2016). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Kbbi.Kemdikbud.Go.Id (3rd ed.). Jakarta: Balai Pustaka.

Manton, M. E. (2001). Kamus Istilalh Teologi. Malang: Gandum Mas.

Palabirin, B., & Ronda, D. (2010). Pandangan Alkitab Tentang Praktik Bisnis di Kalangan Hamba Tuhan Penuh Waktu. Jurnal Jaffray, 8(2), 35. https://doi.org/10.25278/jj71.v8i2.45

Pfeiffer, C. F. (2014). Tafsiran Alkitab Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas.

SABDA NKJV. (2016). Jakarta: SABDA.

Sabdono, E. (2016). Biblical Entrepreneurship. Jakarta: Rehobot Literature.

Silalahi, J. N. (2019). Paulus dan Filsuf di Atena Strategi Penginjilan Paulus di Atena dalam Kisah Para Rasul 17:16-34. Jakarta: Yayasan Covindo.

Stamps, D. C. (1999). Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Tan, J. R. (2007). Paulus Rasul Kristus ke-13. Jakarta: Seminari Bethel Publishing.

Tantiono, P. T. (2009). Pengaruh Rasul Paulus dalam Sejarah Kekristenan: Sebelum - Sesudah Pertobatan - Tradisi. Logos, 7(1).

Diterbitkan
2019-06-28
##submission.howToCite##
Silalahi, J. N. (2019). PAULUS SANG ENTREPRENEUR. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.35909/visiodei.v1i1.9
Bagian
Artikel